Jumat, 03 Juni 2011

kerennya kiman...

semester 2 emang penuh ketegangan di setiap praktikumnya... salah satunya kimia analisis... gimana gak tegang, kalo kita di kasih zat x trus kita harus menduga itu zat apa... belum lagi aku gak punya bayangan sama sekali sebelum praktikum itu... wah, bener-bener bikin orang deg-degan...
zat x anorganik pertama...
praktikum akan dimulai, tapi ritualnya harus kumpul dulu untuk mendapat arahan-arahan... deg-deganku makin gak karuan... saat itu aku hanya membaca “Laa ilaha illallahu wahdahu laa syariikalah, lahulmulku walahul hamdu yuhyii wayumiitu wahuwa ‘alaa kulli syai inqodiir” di dalam hati... ketika saat itu tibaaa…..
Prof.Sudjarwo : Rizky Fitriiii....” suara menggelegarnya bikin aku kaget... bismillahirrohmanirrohiim... aku ambil undiannya trus aku ambil zatnya...
aku dapet larutan warna pink... aku duduk di tempat praktikumku... diam, termenung... bukannya cepet-cepet ngerjain, malah bengong liatin zat itu... “ini zat apa ya?? Trus aku habis ini ngapain ya??”... bener-bener blank akut... waktu itu cuma tengok kanan, tengok kiri... apa ya yang dikerjain temenku?... bener-bener gak tau harus ngapain... waktu liat temenku mulai beraksi, aku ngikuuuut aja... hahaha...
reaksi pendahuluan, finish !! lanjut reaksi penggolongan... ribet dan banyak benget prosedurnya... pas reaksi golongan 3, mulai ada gas H2S... gas ini yang bikin aku keracunan... hehehe... J

pelan-pelan tapi pasti, aku mulai menemukan kejelasan identitas zat itu.. (opo ae yooo... :’))... tinggal reaksi penetapan, and than finish !!... aku menyelesaikannya sebelum waktu habis... gak kebayang deh, awalnya blank akut, tapi selesainya sebelum waktu habis... (sok-sok.aaaan... )... dengan langkah pede, aku bawa kertas laporanku menuju meja horor (lebay.com)... dengan begitu, praktikumku finish !!... kalo udah gitu mah, tinggal nunggu hasil aja...
lusanya, temenku datang dari kejauhan dengan membawa hasil praktikum... semua deg-degan termasuk aku... “hwaaa... aku dapet berapa yaa??”... tenang peki tenaaaang... dag dig dug dueeeeerrrr saat akhirnya ada temenku yang manggil namaku... saat hasil itu ada di depan mataku... “Alhamdulillaaaahh...”... ingin rasanya teriak saat itu juga, tapi aku gak mau... aku hanya teriak dalam hati... banyak temenku yang kurang beruntung saat itu...
zatku CoCl... hasilku perfect... good job Peki and thanks for ALLAH... J
zat x anorganik kedua...
sebelum praktikum, ritual tetap dilakukan dan pengambilan zat... dalam hati berisik dengan lafal ini “Laa ilaha illallahu wahdahu laa syariikalah, lahulmulku walahul hamdu yuhyii wayumiitu wahuwa ‘alaa kulli syai inqodiir”... bismillahirrohmanirrohiim... aku ambil zatnya... dapet serbuk meeen...
Kali ini, aku udah paham harus ngapain dulu... (hehehe...)... rekasi pendahuluan, penggolongan, penetapan kation beres meeeen... sekarang aku gak mau bikin H2S sendiri... mending pinjem punya temenku... (hehehe... yang penting kan udah tau caranya :p)... tapi  aku jadi cerewet dan sensi banget untuk masalah H2S... sapa juga sih yang pengen keracunan lagi... dan aku sempet hampir marah gara-gara  ada yang ngluarin H2S dari lemari asam...udah aku ingetin, tapi gak di gubris dan pas aku pergi, dia di marahi dosenku... (hehehe... salahnya sendiri gak mau dengerin aku... :P)  hasil kationku adalaaaah Natrium alias Na...
sekarang reaksi pendahuluan, penggolongan, penetapan anion... nyandet meeeen...
Kali ini aku lebih banyak duduk... berpikir dan menganalisis... keluar gelembung saat penambahan H2SO4 encer dan pekat... hmmm, Karbonat... mikir lagi, karbonat atau bikarbonat yaa??... oke, berarti tinggal membuktikan antara karbonat dan bikarbonat... dan hasilnya adalaah bikarbonat...
zatku NaHCO3... hasilku perfect... Alhamdulillah... J
Zat x ketiga anorganik... alias UJIAN!!
ini juga gak kalah menegangkan... ujian meeen... yang harus aku tekankan dalam otakku adalah “jangan terlena sama hasil yang kemarin”... sambil nunggu panggilan, doaku tetap “Laa ilaha illallahu wahdahu laa syariikalah, lahulmulku walahul hamdu yuhyii wayumiitu wahuwa ‘alaa kulli syai inqodiir” di dalam hati...
Prof. Sudjarwo : “Rizky Fitriii...” bismillahirrohmanirrohiim... aku ambil undian dan ambil zatnya... berharap dapet larutan, tapi malah dapet serbuk coy...
rekasi pendahuluan, penggolongan, penetapan kation beres meeeen... hasilnya Natrium lagi... dan lagi-lagi harus nyandet waktu ngerjain yang anion... duduk manis, diam, berpikir, menganalisis... oke, dugaanku nitrit... setelah mengumpulkan beberapa bukti (halah, koyok polisi ae...), aku yakin zatku nitrit... tapi kenapa reaksi cincinku gak keluar???... agak puyeng nih, soalnya udah bikin 3 kali tapi gak bisa... gimana acc dosennya???... akhirnya aku minta tolong di bikinin temenku, daaan bisa... ternyata caraku yang kurang pas... hehehe...
waktu yang tersisa masih banyak banget, tapi laporan udah aku kumpulin (sok-sok.aaan... hehehe)... aku lihat temenku masih belum selesai... mumpung gak ada dosen yang ngawasi, bantuin dia aja aaahh (hehehe)... oke, aku bantuin dia ngerjain... aku suruh reaksiin ini itu... dan akhirnya ketemu... ternyata sama kayak zatku kemarin... NaHCO3...
zatku NaNo2... dan hasilnya adalaaaah “perfect + Alhamdulillah”... hwaaaah, gak kebayang deh senengku saat itu... bersyukuurr banget... dari zat x pertama sampai ujian, rasanya di tuntun terus sama Allah... thanks for all Ya Rabb...
dan leganya lagi, temenku itu juga perfect... waaah, bener-bener berkah luar biasa indah... J

0 komentar:

Posting Komentar