Sabtu, 04 Juni 2011

aku keracunan !!

aku keracunan??? kok bisa???
karena kecerobohanku atau ketelitianku??? entahlah...
yang jelas saat itu aku merasa benar-benar sangat ceroboh...
jadi gini nih ceritanya...

sebelum praktikum kimia analisis di lab MM2, semua mahasiswa harus diskusi dulu dengan dosen pembimbingnya. Ada beberapa wejangan yang harus diperhatikan sebelum praktikum dimulai... salah satunya ini niihh...

"MEREAKSIKAN H2S DI LEMARI ASAM. BUKAN DI MEJA PRAKTIKUM", "HATI-HATI H2S ITU BERACUN, JADI PERHATIKAN CARA MEREAKSIKANNYA"  dan "JANGAN KELUARKAN H2S DARI LEMARI ASAM"

sepertinya wejangan itu sangat penting karena nada bicaranya penuh dengan semangat... memekakkan telinga sih sebenernya... tanpa microphone aja udah kenceng banget, apalagi teriak-teriak pake microphone... bayangin sendiri ajalah yaa... hehehe...

praktikum di mulai...

sesaat lab MM2 gak beda jauh kayak pasar... ruwet dan manusia di dalamnya riwa-riwi kesana kemari... ekspresinya pun macem-macem... ada yang nyantai, ada yang mrengut aja, ada yang datar, ada yang gupuh tanya sana sini... berbagai ekspresilah pokonya...

nah, waktu reaksi penggolongan dengan mereaksikan H2S ini nih awal mulanya...
sebenernya aku tau kalau H2S itu bisa dibuat dari FeS atau Na2S. gak tau apa yang aku pikirkan saat itu, tapi yang jelas di depan mataku udah ada Na2S. ya udah dong, aku ambil dan reaksikan sama H2SO4 pekat. warnanya putih...

trus aku lihat H2S punya temen-temen. kok hitam ya???

waaah... ada yang gak beres nih kayaknya. tapi aku yakin banget bener kok...

cowok  : "itu apa pek??"
aku      : "ini H2S"
cowok  : "kok putih??"
aku      : "gak tau. kamu pake apa kok warnanya item??"
cowok  : " FeS"
aku      : "kalo aku pake Na2S"
cowok  : "emang warnanya jadi putih gitu ya??"
aku      : "gak tau"

eng ing eeeeeng... aku galau... sebenernya ini bener gak sih?? tapi aku yakin bener kok... tanpa pikir panjang...

AKU KELUARKAN H2S DARI LEMARI ASAM DAN AKU HIRUP !!!

aku hanya ingin memastikan kalau yang ada di tanganku adalah H2S... entah itu kebodohan atau ketelitianku, tapi hanya itu yang bisa meyakinkanku... bahkan aku gak kepikiran dampaknya buat tubuh... tapi aku belum merasakan perubahan dalam tubuhku seketika itu... apalagi aku seneng banget karena zatku udah ketemu...

keluar dari lab MM2, kepalaku pusing... "ah, mungkin karena aku kecapekan"... saat ketemu temen kost... "mbak bau belerang ta??... nggak tuh..."
malemnya... "kok dadaku sesek ya??"
besok paginya... "kok mual-mual ya?? kok bau belerang terus ya??"
kata temenku... "kayaknya kamu keracunan deh pek."

HAAAH... KERACUNAN???
aku inget-inget lagi apa yang aku lakuin kemarin... dan ternyata emang bener euy... gara-gara ulahku itu...

makin siang gak makin sembuh, tambah makin parah... badanku demam, kepalaku pusing dan lemeeesss... oalah nasiiib nasiiib...

ini nih contoh orang yang gak yakin sama pendiriannya sendiri... jangan di contoh tapi di jadiin pelajaran aja... ;)

0 komentar:

Posting Komentar